Kamis, 04 April 2013

Mengenal LPG


MENGENAL LPG
dulu gak banyak orang yang kenal LPG, sekarang mulai anak tk sampai kakek kakek tahu lpg bisa buat masak.
tapi siapa sebenarnya lpg itu? saya sendiri dulu tahunya cuma pakai untuk kompor gas. kenal lebih jauh setelah dikenalkan oleh mbah google.
konon.... ceritanya... lpg itu nama kerennya Liquified Petroleum Gas atau indosianya gas petrolium cair campuran dari racikan propana,propena,butana,etanatial dll. tapi bahan bakunya paling banyak propananya.
asal lpg dari proses pengambilan minyak bumi dan gas alam. walau namanya gas tapi bisa dibuat cair biar bisa dikemas dalam tabung, yang begini ini tugasnya orang pinter ( pinter beneran lho...bukan dukun ).
si LPG ini sifatnya rendah hati tapi pemarah dan malu maluin...lho...kok???
maksudnya ... begitu si...gas lpg ini begitu keluar dari rumahnya (tabung). dia sukanya ada dibawah karena memang lebih berat dari udara. terus malu maluin karena baunya itu lho minta ampun...lebih bau dari #$##@%##( maaf ...baca: kentut). tapi jangan dipanas panasi karena mudah terbakar atau bisa meledak.
nah...kan...makanya harus hati hati berteman sama yang beginian. karena kalau sudah marah bisa berbalik jadi lawan yang ganas.
bagaimana caranya agar tidak mengalami ledakan atau kebakarannya????....
pertama jangan sampai lupa sifatnya yaitu ketika dekat dia di dapur "mencium baunya atau sebelum menyalakan kompor, dengarkan dulu suaranya, kalau ada suara" berarti dia minta "cari angin" buka ventilasi yang ada baik itu jendela atau pintu dapur, paling bagus kalau ventilasi posisinya dibawah. lalu matikan pemicu api seperti listrik atau lainnya. setelah itu segera cabut itu regulator dari selangnya. jika ditabung masih ada suara segera bawa tabung keluar ketempat terbuka. ya...kira kira begitulah cara berteman dengan si lpg itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar