Kamis, 04 April 2013

Tabung Gas LPG


Secara umum semua tabung sudah dirancang dengan cermat. konon mereka yang emppunya rancangan harus lama ngendon di bangku kuliahan yang paling bosenin. jadi percaya aja deh tabung itu aman.
nah...waktu ngobrol sama tetangga tetangga, mereka ada yang katanya pakai lpg 3kg, ada yang lpg 12kg, ada juga yang pakai blue gas dan gas alam yang disalurkan lewat pipa pelanggan. mana yang lebih aman??...
tabung                                            bluegaz
semuanya aman... yang merancang, yang membuat,dan yang mengesahkan/menyeleksi... semuanya orang pinter...so...jangan mudah protes yang ini atau yang itu gak aman.
mengenai isinya baik itu yang blue gas atau lpg pemerintah sama sama lpg. tahu dari mana??.... ya baca aja tulisan yang ada ditabungnya...cari sampai ketemu ya...
terus apa bedanya?... bedanya dari kemasannya, harganya, pelayanannya, satu pemerintah bersubsidi satu swasta.
mana paling baik?...kata mbak mbak tukang masak warung pinggir sungai " beda tangan-beda rasa"...artinya monggo dinikmati aja dulu semua tergantung selera masing masing.
tak ada gading yang tak retak...jika pesawat saja bisa jatuh maka tabungpun bisa rusak.
penyebab tabung rusak bisa dari kadaluwarsanya pemakaian tabung...tiap tabung ada tulisan kadaluwarsanya...
bisa juga dari problem selama perjalanan pengiriman...( saya beberapa kali memperhatikan ada petugas pengiriman dari truk ke agen agen besar..mereka yang 'sakti' itu mengoper tabung dengan menggelindingkan, kadang melempar tabung baik kosong maupun isi)...makanya beberapa tabung mengalami bocor kecil akibat gesekan atau benturan itu.
mendeteksi kebocoran tabung bisa dengan mencelup tabung dalam air seperti orang tambal ban, atau bisa dengan menetesi bagian yang diduga bocor dengan air sabun. kalau sudah ketahuan ya tukarkan ke agennya.
kerusakan lain bisa terjadi karena adanya kotoran yang masuk ke nozzel tabung. contohnya sewaktu seal tabung dibuka ada entah dari mana tiba tiba kotoran (bisa pasir, kerikil kecil, potongan seal) yang masuk le dalam nozel, lalu regulator kita pasang, terus regulator kita buka lagi mungkin karena kurang yakin atau karena ada suara ngesess dikit. nah....ini yang sering bikin orang jantungan....begitu regulator kita buka...tiba tiba gas lpg keluar dengan kerasnya campur dengan seperti asap dan suara keras yang gak bisa dihentikan dengan ditutup pakai tangan.
cara mengatasinya?.........panggil orang yang berpengalaman...kalau gak ada?...wah kelamaan...?
yang terbaik segera bawa tabung keluar ketempat yang terbuka dan banyak anginnya dan biarkan gas habis sendiri.
tapi yang penting sekali adalah proses membawa tabung itu keluar. ingat baik baik ini "sangat berbahaya".
jika dalam perjalanan itu ada pemicu api seperti peralatan listrik yang menyala atau ada api atau bara api maka dalam sekejap bisa mengakibatkan kebakaran.
juga jangan sampai waktu membawa tabung terhirup gas yang menyemprot.
kalau memungkinkan gunakan karung basah untuk menutup tabung lalu bawa tabung keluar.
kasus seperti itu ada beberapa terjadi, namun secara prosentase sangat jarang sekali.
ok...sekarang apa yang sering terjadi yang cukup merepotkan?...
ibu ibu pasti sering mengalami ini...kerusakan pada karet seal dalam tabung yang menyebabkan sewaktu dipasang regulator keluar suara ngeseess walau beberapa kali karet seal tabung diganti ngesess tetap ada....pernah ngalami gak???
kebanyakan karena cadangan karet seal tabung yang ada kondisinya rusak semua...!!??//
maka biasakan punya cadangan karet seal tabung dalam kondisi baik dan simpan dengan dibungkus plastik biar gak mudah rusak akibat penyimpanan.
kalau sudah diganti seal tabung yang baik ngeses tetap ada...berarti "masalah bukan pada tabung anda tapi pada regulator atau kompor anda"
monngo silahkan dipahami dan di ingat baik baik.......semoga bermanfaat untuk mencegah perut keroncongan akibat gak bisa masak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar